Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Susu Kurma Aneka Rasa

 Ide Bisnis Susu Kurma Aneka Rasa

resep susu kurma


Siapa sih yang tidak mengenal buah Kurma?Meskipun sudah populer di Indonesia tapi tidak banyak orang yang tau manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita.Buah ini erat kaitannya dengan bulan ramadhan tapi kita tidak perlu menunggu ramadhan utuk bisa mendapatknya,sekarang udah banyak pedagang yang menjualnya di bulan bulan biasa baik yang online maupun offline.Dan kali ini saya akan membagikan resep olahan kurma yang bisa di jadikan bisnis usaha rumahan.

Manfaat Susu Kurma

Berikut ini beberapa manfaat dari susu kurma:

1.Jantung Sehat

Kurma dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan mengatasi penyumbatan di arteri.Penelitian menunjukkan kandungan kalium dalam kurma terbukti efektif mengatasi penyakit jantung.

2.Booster Asi

Selain enak dan kenyal,kurma yang diolah menjadi susu dapat memberikan manfaat sebagai booster ASI.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurma yang di jadikan suplemen diet ibu menyusui dapat meningkatkan produksi asi,mengurangi strees dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa kandungan dalam kurma seperti tryptophan,diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan.Kondisi tersebut dapat membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stres.

Selain itu serotonin juga dapat mencegah turunnya kadar prolaktin yang di perlukan untuk produksi susu ibu.Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi dapatmembuat produksi asi jadi meningkat dan volume asi lebih banyak.

3.Tulang Yang Kuat

Susu dikenal sangat baik untuk tulang karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi.Dengan mencampurkannya dengan kurma tentunya kandungannya akan semakin baik untuk  tulang.

Kurma juga kandungan kalsium,magnesium,selenium dan tembaga sangat tinggi.Bukan hanya tulang, nutrisi ini juga baik untuk kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.

4.Mengatasi Sembelit

Susu kurma diyakini dapat mengatasi sembelit,untuk dapat menikmati manfaat ini campurkan 5-6 kurma ke dalam susu 500ml.Masak campuran ini dan biarkan sampai dingin minum saat perut kosong di pagi hari.

5.Mengobati Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah membuat jaringan dalam tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup.Susu kurma dapat mengatasi ini karena susu kurma mengandug zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh.

6.Meningkatkan Fungsi Seksual

Manfaat susukurma lainnya adalah dapat menyembuhkan gangguan seksual karena kurma juga kaya akan asam amino.Buah ini juga dikenal sebagai afrodisiak alami yang dapat  merangsang daya seksual seseorang.Perpaduan kurma dan susu membuat kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

7.Membantu Ibu Hamil Melahirkan Normal

Jika anda tengah hamil dan menginginkan proses yang normal mungkin anda akan direkomendasikan untuk mengkomsumsi susu kurma ini.Pasalnya beberapa penelitian telah membuktikan kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada persalinan.

Dalam studi 69 wanita yang mengkomsumsi 5-6 kurma perhari selama 4 minggu memiliki peluang 20% lebih besar untuk melahirkan normal di bandingkan ibu hamil yang tidak mengkomsumsi kurma.

resep susu kurma


Bahan Dan Cara Membuat


Berikut ini bahan bahan dan cara membuatnya:

Bahan - Bahan Susu Kurma

  • 170 gr atau 25 buah kurma kupas buang bijinya
  • 500 ml air matang
  • 500 ml susu UHT
  • 40-80 gr atau 2-4 sdm madu
  • 300 ml air panas
  • Pasta makanan rasa greentea strawberry dll

Bahan - Bahan Jelly

  • 1 sachet nutrijell 15 gram
  • 400 - 500 ml air
  • 6 sachet diabetasol atau 50 gr gula pasir

Cara membuat

  • Rendam kurma dengan 300 ml air mendidih selama 30 menit sampai 50 menit agar kurma menjadi lembek. 
  • Blender kurma beserta airnya dan campurkan air matang lagi 500 ml.
  • Kemudian masukkan  susu dan madu blender sampai halus. Kalau susu sudah masuk blender sebentar saja agar busanya tidak banyak. 
  • Lalu hasil blenderan tadi di saring dengan saringan rapat dan sisa ampasnya jangan dibuang karena itu juga enak di makan biarkan sampai dingin dan masukkan ke lemari es. 
  • Bagi susu kurma sesuai varian pasta yang ingin di buat.
  • Selesai...... 

Cara membuat jelly

Campur semua bahan nutrijell,air dan diabetasol atau gula masak sampai matang setelah masak sisihkan dan dinginkan. Setelah itu potong kotak kotak sesuai selera dan masukkan ke dalam susu kurma tadi.

Tips dan trik

  • Tambahkan jelly dengan cara membuat nutrijel seperti biasa, namun airnya hanya 400 sampaidengan 500 ml per 1 sachet Nutrijel kemasan 15 gr. Potong jellynya kotak-kotak atau sesuai selera,apabila sudah kesat, lalu tambahkan ke minuman susu Kurma. Takaran kalau menggunakan gulapasir 50 gr (3 sdm penuh) per 1 sachet Nutrijel 15 gr. Kalian bisa mengganti gulanya dengandiabetasol 6 sachet per 1 sachet Nutrijell 15 gr
  • Kalian bisa menambahkan aneka rasa alami sesuai selera misalnya bubuk jahe untuk rasa pedasjahe yang segar, tambahkan bubuk jahe 1 sdt per 1 resep. Menambahkan bubuk green tea juga bisa, dengan takaran 1 sdt per 1 resep. atau bubuk cokelat, dan lain-lain. Menggunakan perisa pasta (contoh: merek Paus atau Golden Brown) dengan rasa sesuai selera. Perisa makanan bisa menyamarkan amis pada susu.
  • Gunakan kurma kering yang masih segar dalam membuat susu kurma dan jangan menggunakan kurma dalam bentuk nabeez, yaitu kurma yang sudah direndam air selama 8 sampai dengan 12 jam. Mencampur susu dengan air nabeez sama sekali tidak dianjurkan, karena berbahaya bagi kesehatan. Pilihannya hanya ada dua: mencampur kurma dengan larutan susu, atau mencampur kurma dengan air putih biasa.
  • Rasa Susu Kurma sudah cukup manis meskipun tidak Kalian tambahkan madu atau gula. 
  • Gunakan 300 ml air panas dan 1000 ml susu cair untuk merendam kurma, supaya hasil Susu Kurma yang lebih kental.
  • Hangatkan susu terlebih dahulu sampai asal panas (jangan sampai mendidih), apabila menggunakan susu cair segar (susu perah). Kemudian campurkan dengan blenderan kurmanya.
  • Simpan Susu Kurma dalam kulkas bisa tahan 3 hari, sedangkan apabila Kalian simpan di dalam freezer bisa tahan 7 hari.
Demikian resep dan cara membuat susu kurma.
SELAMAT MENCOBA.....

Post a Comment for "Resep Susu Kurma Aneka Rasa"